Minggu, 26 Januari 2014

Aku terus dan terus belajar


Sudah hampir di penghujung bulan Januari 2014. Tandanya sudah hampir satu bulan aku menjalani kehidupan bukan sebagai pegawai. Memang suatu hal yang membosankan ketika dulu berjubel aktifitas namun sekarang rasanya semua melompong dan banyak waktu luang. Tapi justru itu lah peluang yang akhirnya aku sadari sekarang. Dengan aktifitas berjubel, aku tak akan punya waktu untuk menulis, dengan aktifitas padat aku tak punya kesempatan untuk belajar.


Fokus utama pada pengembangan usaha sudah aku putuskan jauh – jauh hari sebelum kontrak kerja selesai. Dan sekarang, hal itu menjadi sebuah keharusan. Tanpa terasa waktu – waktuku kini banyak aku habiskan di depan komputer untuk bermain – main dan mengutak atik website, blog dan facebook. Dan tentu saja semua media – media iitu sepenuhnya digunakan untuk mempromosikan produk. Bagaimana tidak, omzet hingga penghujung bulan ini ternyata tidak sebaik bulan – bulan sebelumnya, bahkan dapat dikatakan jauh dibandingkan biasanya, tentu saja aku harus memutar otak hingga pusing tujuh keliling untuk bisa menaikkan kembali omzet di bulan depan. Dan tentu saja, maintenance pemasaran online lah yang harus segera dilakukan.
Aku pun tersadar, ternyata media – media pemasaran online yang selama ini aku gunakan sangat jauh dari “sehat”. Konten yang sudah terlalu lama tidak diperbarui, sampah – sampah serta foto – foto produk yang tidak update. Itulah yang enyebabkan asset – asset ku tampak lusuh dan tidak menyenangkan jika dipandang. Dan itulah yang aku kerjakan hampir dua minggu terakhir ini.
Bermain dengan media – media pemasaran online, bukan hal yang sulit namun bukan hal yang mudah pula. Ketelatenan, keuletan, kelihaian bermain kata – kata menjadi beberapa kunci. Namun semua itu tidak menjadi penghambatku. Bahkan waktu terasa semakin cepat tatkala sudah menghidupkan komputer dan memulai permainan. Waktu berjam – jam selalu aku habiskan setiap harinya untuk bermain tanpa terasa. Walaupu hasil call for order belum terlalu signifikan, namun aku yakin semua hal itu berproses. Demikina juga upaya – upaya yang telah aku lakukan merupakan sebuah proses yang hasilnya tidak dapat terlihat dan dinikmati dengan instan.
Tak hanya bermain untuk memperbaiki diri sendiri, media sosial pun menjadi salah satu yang mulai mengasyikkan bagiku. Bertemu dengan orang – orang hebat, membaca tulisan – tulisan mereka menjadi inspirasi dan motivasi yang tak ternilai harganya. Semaik menguatkan aku untuk tidak berhenti disini. Perjalanan ku masih sangat panjang untuk mewujudkan cita – cita menjadikan usaha yang telah aku rintis menjadi usaha besar yang terus hidup dan menghidupi. Dan karena itu semua, aku terus dan terus akan belajar.



 Yogyakarta, 26 Januari 2014
17:51

Tidak ada komentar:

Posting Komentar